MAKALAH MAQAMAT DAN AHWAL DALAM TASAWUF

MAQAMAT DAN AHWAL DALAM TASAWUF
                        MAKALAH

(Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah akhlaq tasawuf)








                  Dosen Pengampu :
    Moch. Cholid Wardi, M.H.I.
                       
       Disusun Oleh : Kelompok 4
Dewi Rufaidah             :     20170703032050
Jamilatul Fadilah          :     20170703032094
Lailatus  Syarifah         :     20170703032103
Latifatul Hasanah         :    2017070303 2105
Susyanti                        :     20170703032178

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PAMEKASAN
EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
EKONOMI SYARI’AH
2017




                    KATA PENGANTAR
           
               Assalamu’alaikum wr.wb
        Alhamdulillah,dengan mengucapkan puja dan puji syukur  atas kehadirat  Allah  swt,yang telah memberikan kemudahan kepada kami untuk menyelesaikan tugas  makalah yang berjudul “MAQAMAT DAN AHWAL” dan kami juga mengucapkan banyak terimakasih  kepada dosen pengampu yang telah membimbing kami dalam mengerjakan tugas ini dengan baik.
        Dan dengan ini kami berharap semoga tugas  yang telah kami kerjakan  semoga bermanfaat dan dapat menjadikan referensi bagi kita sebagai tambahan wawasan dan ilmu untuk mengenal lebih dalam pelajaran “Akhlaq Tasawuf”
         Pada akhirnya hanya Allah jualah yang memberikan tawfiq dan ma’unahnya kepada kita semua. Semoga keberadaan tugas ini mendapatkan ridha_NYA.
        Akhirnya kritik dan saran senantiasa diharapkan agar untuk masa-masa yang akan datang dapat disempurnakan semoga tugas makalah ini memberikan manfaat bagi kita semua.
                 Wassalamu’alaikum wr.wb.





                                                                                              Pamekasan, 16 Oktober 2017


                                                                                PENYUSUN

                                                                             



                                     DAFTAR ISI

LEMBAR JUDUL                                                                      
KATA PENGANTAR................................................... i
DAFTAR ISI.................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
            A.    Latar Belakang.........................................................1
            B.     Rumusanmasalah........................................1
            C.   KATA PENGANTAR
           
               Assalamu’alaikum wr.wb
        Alhamdulillah,dengan mengucapkan puja dan puji syukur  atas kehadirat  Allah  swt,yang telah memberikan kemudahan kepada kami untuk menyelesaikan tugas  makalah yang berjudul “MAQAMAT DAN AHWAL” dan kami juga mengucapkan banyak terimakasih  kepada dosen pengampu yang telah membimbing kami dalam mengerjakan tugas ini dengan baik.
        Dan dengan ini kami berharap semoga tugas  yang telah kami kerjakan  semoga bermanfaat dan dapat menjadikan referensi bagi kita sebagai tambahan wawasan dan ilmu untuk mengenal lebih dalam pelajaran “Akhlaq Tasawuf”
         Pada akhirnya hanya Allah jualah yang memberikan tawfiq dan ma’unahnya kepada kita semua. Semoga keberadaan tugas ini mendapatkan ridha_NYA.
        Akhirnya kritik dan saran senantiasa diharapkan agar untuk masa-masa yang akan datang dapat disempurnakan semoga tugas makalah ini memberikan manfaat bagi kita semua.
                 Wassalamu’alaikum wr.wb.





                                                                                              Pamekasan, 16 Oktober 2017


                                                                                PENYUSUN

                                                                             



                                DAFTAR ISI

LEMBAR JUDUL                                                                      
KATA PENGANTAR........................................ i
DAFTAR ISI..................................................PUSTAKA
BAB I PENDAHULUN
  A.    Latar Belakang......................................1
 B. Rumusan masalah....................................1
            C.    Tujuan.............................................................................................................................1
BAB II PEMBAHASAN
           A.   Pengertian maqamat dan ahwal.......................................................................................3
           B.    Macam-macam maqamat................................................................................................4
           C.   Saja ahwal yang sering dijumapai dalam perjalanan sufi................................................5
           D. Perbedaan mendasar maqamat dan ahwal........................................................................7
BAB III PENUTUP
           A.    Kesimpulan.................................................................................................................... 9
           B.     Saran.............................................................................................................................. 9
DAFTAR PUSTAKA Tujuan.............................................................................................................................1
BAB II PEMBAHASAN
           A.   Pengertian maqamat dan ahwal.......................................................................................3
           B.    Macam-macam maqamat................................................................................................4
           C.   Saja ahwal yang sering dijumapai dalam perjalanan sufi................................................5
           D. Perbedaan mendasar maqamat dan ahwal........................................................................7
BAB III PENUTUP
           A.    Kesimpulan.................................................................................................................... 9
           B.     Saran.............................................................................................................................. 9
DAFTAR PUSTAKA



                                 BAB I
                          PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Membicarakan tasawuf berarti memperbincangkan maqamat dan ahwal. Keduanya dapat dikatakan sebagai rukun atau fondasi tasawuf. Tak mungkin ada tasawuf, baik ia sebagai ilmu pengetahuan atau sebagai amalan, tanpa kehadiran maqamat dan ahwal.
Dalam menjalani proses maqamat yang maha berat itu, jiwa seseorang sufi terbang mengembara mencari dan menemukan hakikat hidup, manusia dan Tuhan Yang Maha agung dan indah. Pada saat yang sama, ia juga mengalami ahwal; merasakan nikmatnya berada puncak spiritual yang tak terkatakan dan tak bisa dilukiskan keindahannya. Puncak kenikmatan dan keindahan ruhani itu- secara terbatas- oleh Abu Yazid disebut ijtihad, al-Hallaj menyebutkan hulul, al-Gazali menamainya ma’rifat, al-Sarraj menyebutnya musyahadah, Rabi’ah dan Jalaluddin Rumi menamainya dengan mahabbah. Begitulah, setiap sufi memiliki nama-nama atau istilah sendiri untuk melukiskan nikmat dan indahnya bertemu Sang Kekasih, walaupun kata-kata itu sebenarnya tidak dapat menggambarkan sejatinya pertemuan itu karena keterbatasan-keterbatasan (bahasa) manusia. Wa Allah A’lam bi al-Sawab.

B. RUMUSAN MASALAH
1. Apa pengertian maqamat dan ahwal ?
2. Apa macam-macam maqamat ?
3. Apa saja ahwal yang sering dijumapai dalam perjalanan sufi ?
4. Apa  perbedaan mendasar maqamat dan ahwal ?

C. TUJUAN MASALAH
1. Untuk  mengetahui pengertian maqamat dan ahwal ?
2. Untuk  mengetahui macam-macam maqamat ?
3. Untuk  mengetahui saja ahwal yang sering dijumapai dalam perjalanan sufi ?
4. Untuk  mengetahui perbedaan mendasar maqamat dan ahwal ?

                                BAB II
                           PEMBAHASAN

A.  PENGERTIAN MAQAMAT DAN  AHWAL
1. Maqamat
Secara harfiah maqamat berasal dari bahasa arab yang berarti tempat orang berdiri atau pangkal mulia. Istilah ini selanjutnya digunakan untuk arti sebagai jalan panjang yang harus ditempuh oleh seorang sufi untuk berada dekat dengan Allah. Dalam bahasa inggris maqamat dikenal dengan istilah stages yang berarti tangga.
Maqamat merupakan bentuk jamak dari maqam. Secara etimologi maqam mengandung arti kedudukan atau tempat berpijak dua telapak kaki. Sementara itu dalam pengertian terminologi istilah maqam mengandung pengertian kedudukan, posisi, tingkatan, atau kedudukan tahapan hamba dalam mendekatakan diri kepada Allah.
Jadi, maqam sering dipahami oleh para sufi sebagai tingkatan, yaitu tingkatan seorang hamba dihadapan-Nya, dalam hal ibadah dan latihan latihan (riyadah) jiwa yang dilakukannya.

2. Ahwal
Ahwal adalah bentuk jamak dari hal. Seperti  halnya maqam, hal digunakan kaum sufi untuk menunjukkan kondisi spiritual. Kata hal dalam perspektif tasawuf sering diartikan “keadaan”. Maksudnya keadaan dalam kondisi spiritual. Hal, sebagai sebuah kondisi yang singgah dalam kalbu, merupakan efek dari peningkatan maqamat seseorang. Secara teoritis, memang bisa dipahami bahwa kapanpun seorang hamba mendekat kepada Allah dengan cara berbuat kebajikan, ibadah, riyadhah, dan mujahadah, maka Allah memanifestasikan dirinya dalam kalbu hamba tersebut.
Secara terminologis yang dimaksud dengan ahwal ialah keadaan atau keadaan kondisi psikologis yang dirasakan ketika seorang sufi mencapai maqam tertentu. Ahwal merupakan sebuah batasan teknis dalam disiplin tasawuf untuk suatu keadaan tertentu yang bersifat tidak permanen. Hal masuk kedalam hati sebagai anugrah dan kerunia Allah yang tidak terbatas pada hamba-Nya. Hal tidak dapat dicapai melalui usaha, keinginan, atau undangan. Hal datang dan pergi tanpa diduga duga. Keadaan spiritual banyak jumlahnya dan kedudukan spiritual juga banayak.
Dapat dikatakan bahwa hal merupakan pemberian yang berasal dari Tuhan kepada hamba-Nya yang dikehendaki. Pemberian itu pada kalanya tanpa melalui usaha. Tidak semua orang berusaha itu berhasil, namun yang menjadi dambaan bagi setiap orang yang menjalani tasawuf. Hubungan antara usaha dan hasil dalam perkara ini tidak bersifat mutlak.

B. MACAM MACAM MAQAMAT
Berkaitan dengan beberapa maqam yang harus dilalui oleh seorang sufi untuk mencapai Tuhannya, para sufi berbeda pendapat pada hal ini. Terhadap perbedaan beberapa pendapat tersebut ada beberapa maqamat yang disepakati oleh para ahli tasawuf, yaitu:
1. Al-Zuhud
Zuhud secara istilah bermakna tidak ingin kepada sesutu yang bersifat keduniaan. Namun, secara umum zuhud dapat diartikan sebagai sutu sikap melepaskan diri dari rasa ketergantungan terhadap kehidupan duniawi dengan mengutamakan kehidupan akhirat. Kendatipun didefinisikan dengan redaksi yang berbeda, inti dan tujuan zuhud sama, yaitu tidak menjadikan kehidupan dunia sebagai tujuan akhir. Jangan sampai kenikmatan dunuawi menyebabkan susutnya waktu dan perhatian pada tujuan yang sebenarnya, yaitu kebahagiaan abadi di “hadirat” Ilahi.
Dilihat dari maksudnya zuhud dibagi mejadi tiga tingkatan. Pertama menjauhkan dunia ini agar terhindar dari hukuman di akhirat. Kedua menjauhi dunia dengan menimbang imbalan di akhirat. Ketiga mengucilkan dunia bukan karna takut atau berharap, tetapi karena cinta karen Allah. Orang yang berada pada tingkat tertinggi ini akan memandabg segala sesuatu, kecuali Allah, tidak mempunyai apa-apa.
2. At-Taubah
            At-Taubah adalah rasa penyesalan yang sungguh-sungguh dalam hati disertai permohonan ampun serta meninggalkan segala perbuatan yang menimbulkan dosa. At-Taubat di bagi menjadi tiga tingkatan yakni ; yang pertama taubat yang paling rendah yaitu memohon ampun kepada Allah atas segala kesalahan yang telah dilakukan pada saat yang lampau. yang kedua taubat yang lebih tinggi tingkatannya yaitu taubat terhadap pangkal dosan seperti taubat dari sifat dendam, sombong, iri, riya’, pamer, dll. Sedangkan yang ketiga taubat tertinggi yaitu taubat untuk berusaha menjauhkan diri dari bujukan setan dan kelalaian dari mengingat Allah.
3. Al-Wara’
Al-Wara’ adalah sikap berhati-hati terhadap ketentuan-ketentuan Allah. Mereka yang memiliki sifat ini selalu berusaha agar tidak melanggar aturan Allah meskipun itu hanya kemaksiatan yang tanpak kecil. Seseorang yang bersifat wara’ adalah mereka yang selalu berhati-hati dalam segala perilakunya sehingga tidak terjerumus pada hal-hal yang tidak disenangi atau diridai Allah baik yang hukumnya makruh apalagi haram.
4. Al –Faqr (Fakir)
  Al –Faqr adalah tidak menuntut banyak dan merasa cukup dengan apa yang telah diterima dan dianugerahi oleh Allah, sehingga tidak mengharapkan atau meminta sesutu yang bukan haknya. Dengan demikian, seseorang yang faqr selalu merasa berkecukupan dan merasa puas dalam menjani kehidupan. Sikap ini sangat penting sehingga manusia dapat terhindar dari sifat serakah dan rakus. Sikap al-Faqr merupakan kelanjutan sikap zuhud, karena dengan zuhud terhadap kehidupan dunia dengan tidak terperdaya tipudaya dunia, sesorang akan merasa puas dan cukup dengan apa yang diperolehnya. Selain itu sifat al-Faqr akan menghasilkan sifat wara’, karena dengan menerima apa yang dianugerahkan Allah kepadanya, ia akan bersikap hati-hati dan tidak akan menuntut yang bukan haknya.
5. As-Shabr (sabar)
Sifat As-Shabr adalah salah satu sifat andalan bagi kaum sufi. Sifat sabar merupakan sifat dasar yang dimiliki oleh para nabi dan rasul. Mereka yang memiliki yang memiliki kesabaran yang luar biasa dinamakan dengan ulul al-‘azmi. Jadi sabar artinya menjauhkan diri dari hal-hal yang bertentangan dengan kehendak Allah, demikian juga tenang ketika mendapatkan cobaan dari-Nya, menampakkan sifat yang berkecukupan sekalipun hidup dalam kekurangan.
Dalam ajaran tasawuf sifat sabar dibagi menjadi tiga macam, yaitu:
a. Sabar dalam beribadah kepada Allah.
b. Sabar dalam menjauhi larangan Allah.
c. Sabar dalam menerima cobaan dari Allah.
6. Tawakkal
Secara terminologi tawakkal adalah membebaskan diri dari segala ketergantungan kepada selain Allah Swt. dan menyerahkan keputusan segala sesuatunya kepada Allah Swt. Jadi, tawakkal adalah sikap pasrah terhadap Allah dalm menjalani setiap urusan. Tawakkal dapat dimaknai sebagai sikap hati untuk menyerahkan diri kepada qada’ dan qadar Allah.
7. Rela (Rida’)
Rida’ berarti menerima dengan rasa puas terhadap apa yang telah di anugerahkan Allah Swt. orang yang memiliki sikap rida’ mampu melihat hikmah dan kebaikan dibalik cobaan yang diberikan Allah dan tidak berburuk sangka terhadap ketentuan-Nya. Bahkan, ia mampu melihat keagungan, kebesaran, dan kemaha sempurnaan dzat yang meberikan cobaan kepadanya sehingga tidak menegeluh dan tidak merasakan sakit atas cobaan tersebut.
8. Mahabbah
Mahabbah (mencintai) Allah adalah kedudukan yang paling tinggi dan mulia guna menuju keridaan Allah, karena hanya Allah yang maha Besar, Maha Penguasa,  Maha Suci, Maha Pencipta, dan Maha Pemberi.
9. Ma’rifah
Secara etimologi kata dasar ma’rifat berasal dari kata arafah yang artinya “mengetahui atau mengenal”. Makrifat berarti juga pengetahuan. Jadi mak’rifat  artinya mengenal Allah  dengan mata hati, sekaligus ujung perjalanan dari segala ilmu pengetahuan yang dilakukan oleh kaum sufi. Unsur ma’rifat adalah “cinta” dan hasil dari ma’rifat adalah “pandangan”.

C. AHWAL YANG  SERING  DIJUMAPAI  DALAM  PERJALANAN  SUFI.

Ahwal datang dengan sendirinya, datang dan pergi tanpa diketahui waktunya. Dengan demikian Ahwal adalah pemberian dari Allah ketika sang sufi menapaki jalan menuju Allah. Dalam ilmu tasawuf dikenal dengan beberapa Ahwal sebagai berikut:
1. Muhasabah dan Muraqabah (Mawas Diri dan Waspada)
Muhasabah ialah meyakini bahwa Allah mengetahui segala pikiran, perbuatan, dan rahasia dalam hati yang membuat seseorang menjadi hormat, takut, dan tunduk kepada-Nya. Sedangkan Muraqabah yaitu adanya kesadaran diri bahwa ia selalu berhadapan dengan Allah dalam keadaan diawasi-Nya.
Muhasabah dan Muraqabah merupakan dua hal yang saling berkaitan erat. Oleh karena itu, ada sufi yang mengupasnya secara bersamaan. Kedua sikap itu merupakan dua sisi dari tugas yang sama dengan menundukkan perasaan jasmani yang berupa kombinasi dari pembawaan nafsu dan amarah.
2. Hubb ( cinta )
Hubb adalah cinta. Maksudnya, cinta seorang hamba kepada tuhan. Dalam pandangan tasawuf, hubb pada dasarnya anugerah yang menjadi dasar pijakan ahwal, sama seperti taubat yang menjadi dasar pijakan maqam.
Ibn Taimiyah membagi tingkatan- tingkatan cinta, yaitu: pertama, al-alaqah, yaitu keterkaitan hati dengan yang dicintai. Kedua, al-sababah ( kegairahan) yaitu hati selalu bergairah kepada Allah. Ketiga, al-ghuram yaitu cinta sebagaimana biasanya. Keempat, al-isyq yaitu mencintai kepada Allah dengan bergairah yang berlebih. Kelima, al-tatayyum( menjadi budak) yaitu menjadi budak kepada Allah. Dari kelima tingkatan cinta itu, maka dapat ditegaskan bahwa seorang yang mencintai Allah adalah mereka yang selalu mempunyai keterkaitan dan keterpautan dengan Allah, “ asyik bercengkrama” dengan Allah, dan menjadi budak di hadapan Allah.
Keterkaitan dengan Allah di wujudkan dengan keadaan hati yang selalu bersama Allah dalam semua keadaan dan perilaku  seseorang. Ini di wujudkan ketika orang merasa mendapat ke asyikan, kenikmatan ketika ia beribadah dengan Allah. Sedangkan menjadi budak Allah, ia akan menuruti segala sesuatu yang mengakibatkan kesenangan dan keridhaan Allah. Di samping itu, perasaan menjadi budak juga mengakibatkan adanya perasaan merendah atau hina di hadapan Allah.
3. Raja’ dan Khauf ( Berharap dan Takut)
Menurut kalangan kaum sufi, Raja’ dan khauf berjalan seimbang dan saling mempengaruhi. Raja’ dapat berarti berharap atau optimis, yaitu persaan  senang hati karena menanti sesuatu yang di inginkan dan di senangi. Raja’ menuntut tiga perkara yaitu: cinta kepada apa yang di harapkannya, takut apabila harapan yang hilang, berusaha untuk mencapainya. Sedangkan Khauf, ialah kesaksian hati karena membayangkan sesuatu yang ditakuti, yang akan menimpa diri di masa yang akan datang. Khauf dapat mecegah hamba berbuat maksiat dan mendorongnya untuk senantiasa berada dalam ketaatan.
Khauf dan raja’ saling berhubungan. Kekurangan khauf menyebabkan seseorang lalaim dan berani melakukan maksiat,  sedangakan khauf yang berlebihan akan menjadikan putus asa dan pesimitis. Begitu pila sebaliknya, apabila sikap raja’ terlalu besar, hal itu akan membuat seseoarang menjadi sombong dan meremehkan amalan- amalanya karena rasa optimisnya yang berlebihan.
4. Syauq ( Rindu)
Syauq yang dimaksudkan ialah rindu kepada Tuhan. Syauq ialah rasa rindu yang memancar dari kalbu karena gelora cinta yang murni dan di sertai dengan mahabbah. Perasaan inilah yang menjadi motor pendorong kaum sufi agar selalu berada sedekat mungkin kepada Allah yang menjadi sumber segal kenikmatan dan keindahan.
5. Uns ( intim)
Uns ( intim) adalah keadaan jiwa dan seluruh ekspresi terpusat penuh pada suatu titik sentrum, yaitu Allah; tidak ada yang dirasa, tidak ada yang diingat, dan tidak ada yang diharap kecuali Dia. Uns merupakan keadaan spiritual ketika hati dipenuhi cinta, keindahan, kelembutan, belas kasih, dan pengampunan Allah. Keindahan uns tidak dapat terlukiskan. Hal ini dapat dialami oleh pendengar dalam konser spiritual( sama’) yang menyebabkannya mengalami kemabukan( wajd) ketika menemukan Allah.
D. PERBEDAAN MENDASAR MAQAMAT DAN AHWAL
Secara historis, konsep maqamat dan ahwal diduga muncul pertama kali pada abad 1 Hijriyah. Sosok yang memperkenalkan kedua terms tersebut adalah Ali bin Abi Thalib. Hal ini dapat ditelusuri ketika para sahabat berkonsultasi tentang iman. Ia menjawab bahwa iman itu adalah bersumber pada empat fondasi yaitu taqwa, sabar, adil, jihad, yang masing-masing fondasi tersebut mempunyai tingkatan( maqamat).
Para sufi sendiri secara teliti menegaskan perbedaan maqam dan ahwal. Maqam, menurut mereka, ditandai oleh kemapanan. Sementara itu, ahwal justru mudah hilang. Maqam dapat dicapai seseorang dengan kehendak dan upayanya. Sementara itu, ahwal dapat diperoleh secara disengaja. Hal diperoleh tanpa daya dan upaya, baik dengan menari, bersedih hati, bersenang-senang, rasa mencekam, rindu, gelisah, atau harap. Jelasnya, hal sama dengan bakat, sedangkan maqam diperoleh dengan daya dan upaya. Hal akan datang dengan sendirinya, sementara maqam diperoleh dengan berupaya. Orang yang meraih maqam tetap dalam tingkatannya, sementara orang yang meraih ahwal justru akan mudah lepas dirinya.
Secara mendasar, perbedaan maqamat dan ahwal ini baik dari cara mendapatkannya maupun pelangsungannya yaitu Maqamat berupa tahap-tahap perjalanan spiritual yang dengan gigih diusahakan oleh para sufi untuk memperolehnya. Perjuangan ini pada hakikatnya merupakan perjuangan spiritual yang panjang untuk melawan hawa nafsu, ego manusia, yang dipandang perilaku yang buruk yang paling besar yang dimiliki manusia dan hal itu menjadi kendala menuju Tuhan. Kerasnya perjuangan spiritual ini misalnya dapat dilihat dari kenyataan bahwa seseorang sufi kadang memerlukan waktu puluhan taun hanya untuk bergeser dari satu stasiun ke stasiun yang lainnya. Sedangkan “ahwal”yang sering diperoleh secara spontan sebagai hadiah dari Tuhan. Di antara “ahwal” yang sering disebut adalah takut, sukur, rendah hati, tawakkal, gembira. Meskipun ada perdebatan di antara para penulis tasawuf, namun kebanyakan mereka mengatakan bahwa ahwal dialami secara spontan dan berlangsung sebentar dan diperoleh tidak berdasarkan usaha sadar dan perjuangan keras, seperti halnya pada maqamat, melainkan sebagai hadiah berupa kalitan-kalitan ilahi (Divine Flashes), yang biasa disebut lama’at.




                                       BAB III
                                    PENUTUP
A. KESIMPULAN.
1. Maqamat merupakan bentuk jamak dari maqam. Secara etimologi maqam mengandung arti kedudukan atau tempat berpijak dua telapak kaki. Sementara itu dalam pengertian terminologi istilah maqam mengandung pengertian kedudukan, posisi, tingkatan, atau kedudukan tahapan hamba dalam mendekatakan diri kepada Allah. Sedangkan, ahwal ialah keadaan atau keadaan kondisi psikologisyang dirasakan ketika seorang sufi mencapai maqam tertentu.
2. Berkaitan dengan beberapa maqam yang harus dilalui oleh seorang sufi untuk mencapai Tuhannya, para sufi berbeda pendapat pada hal ini. Terhadap perbedaan beberapa pendapat tersebut ada beberapa maqamat yang disepakati oleh para ahli tasawuf, yaitu: Al-Zuhud, At-Taubah, Al-Wara’, Al –Faqr (Fakir), As-Shabr (sabar), Tawakkal, Rela (Rida’), Mahabbah, dan Ma’rifah.
3. Ahwal datang dengan sendirinya, datang dan pergi tanpa diketahui waktunya. Dengan demikian Ahwal adalah pemberian dari Allah ketika sang sufi menapaki jalan menuju Allah. Dalam ilmu tasawuf dikenal dengan beberapa Ahwal sebagai berikut: Muhasabah dan Muraqabah (Mawas Diri dan Waspada), Hubb ( cinta ), Raja’ dan Khauf ( Berharap dan Takut), Syauq ( Rindu), dan Uns ( intim).
4. Secara mendasar, perbedaan maqamat dan ahwal ini baik dari cara mendapatkannya maupun pelangsungannya yaitu Maqamat berupa tahap-tahap perjalanan spiritual yang dengan gigih diusahakan oleh para sufi untuk memperolehnya. Perjuangan ini pada hakikatnya merupakan perjuangan spiritual yang panjang untuk melawan hawa nafsu, ego manusia, yang dipandang perilaku yang buruk yang paling besar yang dimiliki manusia dan hal itu menjadi kendala menuju Tuhan.



                        DAFTAR PUSTAKA


Bahri, Media Zainul. 2010. Tasawuf Mendamaikan Dunia. - : Erlangga.
Kartanegara, Mulyadhi. 2012. Melayani Lubuk Tasawuf.  - : Erlangga.
Solichin, Mohammad Muchlis. 2013.Akhlak & Tasawuf. Surabaya : Pena Salsabila.
Solihin, M., Anwar, Rosihon. 2014. Ilmu Tasawuf.  Bandung : Pustaka Setia .
Amin, Samsul Munir. 2014.Ilmu Tasawuf.  Jakarta : Amzah.
Nata, Abuddin.  2015. Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Jakarta : PT Rajawali Pers.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH TASAWUF AKHLAKI

MAKALAH TASAWUF FALSAFI